Hadits-hadits mengenai Ahlus Sunnah Wal Jamaah By Bulan Ramadlan

Hadits-hadits mengenai Ahlus Sunnah Wal Jamaah By Bulan Ramadlan

Ahlus Sunnah Wal Jamaah :: Hadits-hadits mengenai Ahlus Sunnah Wal Jamaah By Bulan Ramadlan
Berikut ini teks hadits yang menjelaskan mengenai Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, dengan hadits-hadits lahirlah istilah Ahlus Sunnah Wal Jamaah, berikut ini hadits-hadits yang saya maksudkan:


عَلَيكُمْ بِسُنَّتيِ وَسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ مِنْ بَعْدِي
Ikutilah tindakanku dan tindakan para Khulafaur Rasyidin setelah wafatku.
Hadits shahih riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim berikut:

افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة، وافترقت النصارى على اثنتين وسبعين فرقة، وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة، قيل: من هي يا رسول الله؟ قال: من كان على مثل ما أنا عليه وأصحابي. وفي بعض الروايات: هي الجماعة

Artinya: Umat Yahudi menjadi 71 golongan. Nasrani terpecah menjadi 72 kelompok. Umat ini (Islam) akan terpecah menjadi 73 golongan. Semuanya di neraka kecuali 1 (satu) golongan (yang selamat). Nabi ditanya, "Siapa dia ya Rasulullah?" Nabi menjawab, "Yaitu golongan yang seperti aku dan para Sahabatku." Dalam sebagian riwayat, "Dia adalah jamaah."

عن عمر رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال :

"عليكم بالجماعة وإياكم والفرقة فإن الشيطان مع الواحد وهو من الاثنين أبعد ومن أراد بحبحة الجنة فعليه بالجماعة"
Telah datang riwayat dari sahabat yang mulia Umar bin al khattab radliyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah ‘alaihi ash shalatu wa assalam bersabda:

“(Berpegang teguhlah) kalian dengan al jama’ah dan menjauhlah dari perpecahan, karena sesungguhnya syaithan itu bersama orang yang sendirian dan ia lebih jauh dari mereka yang berdua. Barangsiapa yg menginginkan tempat terbaik di dalam surga, maka wajib atasnya untuk (berpegang teguh) dengan al jama’ah “.

عن النعمان بن بشير رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :
 "الجماعة رحمة والفرقة عذاب".

Dan telah datang pula riwayat dari Al Imam Ibn Abi ‘Ashim dalam assunnah dan Al Imam Ahmad dalam almusnad serta Abdullah bin Ahmad dalam zawa”id al musnad, dari sahabat Nu’man bin Basyir radliyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah ‘alaihi ash shalatu wa assalam bersabda: “al jama’ah itu adalah rahmat dan perpecahan (perselisihan) adalah adzab”.

 عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم :"إن الله لا يجمع الله أمة محمد على ضلالة و يد الله على الجماعة و من شذ شذ في النار".

Begitu pula hadits ‘Abdullah bin ‘umar radliyallah ta’ala ‘anhuma, bahwasanya nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengumpulkan ummat nabi Muhammad shalallah ‘alaihi wa sallam diatas kesesatan, dan sesungguhnya tangan Allah bersamaal jama’ah, maka barang siapa yang menyimpang (dari al jama’ah) sungguh ia telah menyimpang, dan itu akan mengantarkan dia untuk masuk kedalam neraka”. Diriwayatkan oleh Al Imam At Tirmidzi dalam sunannya dan Al Imam Al Hakim dalam almustadrak.


bagikan artikel ini ke › Facebook Twitter Google+
*********
Anda Sudah Membaca Artikel Hadits-hadits mengenai Ahlus Sunnah Wal Jamaah By Bulan Ramadlan Dengan Link http://ahlussunnahwaljamaahb.blogspot.com/2015/10/hadits-hadits-mengenai-ahlus-sunnah-wal-jamaah-by-bulan-ramadlan.html
Mohon sertakan Link atau Tautan artikel Hadits-hadits mengenai Ahlus Sunnah Wal Jamaah By Bulan Ramadlan ini apabila anda ingin membagikan tulisan ini.
Link atau Tautan Dofollow untuk blog ini untuk menghargai karya penulisan orang lain.
Atas Perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.
Posted by admin, Published at 13.22 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar